Install dan Customize OSCommerce CMS

Belajar sebentar si Zen-Cart, walau tidak sampe melakukan customize content  yang penting sukses instalasi dulu.

Sekarang belajar lage E-commerce pakai OSCommerce 7 step untuk instalasi cukup mudah dan user friendly buat new user  dan template default dengan nuansa abu-abu file installer sebesar 1.8MB (versi 2.2) dan Documentation 1.2MB.

Karena baru pakai, jadinya bolak-balik ke forums.oscommerce.com dan bantuan search dari google.

Beberapa waktu lalu dapat dari forum warez link download sekitar 23 template (dari sekitar hampir 200-an) OSCommerce buatan si Templatemonster.com (TM)   coba install deh

Dan ternyata paket buatan TM, bener-bener berbeda dengan paket instalasi bawaan OSCommerce dari strukture template. Aku pikir dengan install default kemudian tinggal di copy template dari TM  jadi? tidak sinkron banget jadi rusak frontend-nya

23 template dari TM masing-masing terdiri dari 1 folder file PSD (desain mentah), 1 folder install OSCommerce, 1 folder fonts dan PDF Documentation.

here we go.

Proses Instalasi sama dengan default OSCommerce   paling yang beda template-nya .. aseli keren-keren dan dibawain dalam paket-nya (PSD file)   apakah udah selesai sampe sini? belum

Walau desain udah keren buat E-Commerce, terkadang kurang puas disisi struktur menu dan addons-nya akhirnya bongkar tuh core script PHP-nya, demi membuat sebuah online store yang kita mau mudah di kita dan mudah buat pengunjung.

susunan folder

  1. Admin  secara default tidak ada security buat administrasi (kudu pake .htaccess)
  2. download
  3. images  chmod 777 buat upload image product
  4. include desain dan addons
  5. install cuman buat install dan terhapus setelah install
  6. pub

karena banyak ngubah di desain dan addons, maka yang paling banyak di obok-obok ya di folder include

didalam folder include untuk mengubah desain dan addons, cukup melakukan customize di

  • application_top.php
  • header.php
  • filenames.php

contribution yang ada di oscommerce.com tidak ngefek apapun di struktur template TM, sedikit banyak kudu berpikir dan tahu algoritma PHP di ketiga file PHP diatas. jangan lupa berdoa dulu dan lakukan backup proses trial dan error hanya dilakukan di localhost dulu  jika udah yakin baru di upload deh masih bingung? tinggalkan koment aja, smoga aku bisa membantu  1.0. Dan sampai sekarang pun masih eksis dan masih disukai orang. Posting ini akan mengetengahkan cara, langkah demi langkah, bagaimana kita meng-instal osCommerce di sebuah web hosting. Percaya atau tidak, instalasi osCommerce di web hosting semudah dan secepat menulis sebuah email.

Kemudahan tersebut tentunya dengan catatan bahwa web hosting tersebut menyediakan perangkat auto installer yang akan mengerjakan hampir seluruh “how-to”-nya buat kita. Dengan auto installer tersebut, kita hanya meng-input-kan data-data penting yang dibutuhkan osCommerce agar bisa jalan pertama kali. Sisanya, auto installer-lah yang melakukannya.

Salah satu web hosting yang menyediakan fasilitas tersebut adalah SaudagarWeb. Dengan auto installer Softaculous, meng-instal osCommerce di web hosting menjadi sangat mudah. Dalam demo ini saya akan menggunakan web hosting SaudagarWeb, dan meng-instal osCommerce ke dalam salah satu sub domainnya yaitu oscommerce.demo.saudagarweb.com.

Anda bisa mengikuti demo ini dengan mengganti domain yang saya pakai di sini dengan domain Anda sendiri. Untuk mencoba osCommerce di web hosting, kita bisa menggunakan paket Trial 10 Hari di SaudagarWeb yang gratis. Ikuti langkah-langkah dalam Cara Mendaftar Account Trial 10 Hari di SaudagarWeb untuk mendaftar paket Trial 10 Hari tersebut.

Agar bisa jalan dalam browser, sebuah web hosting pun memerlukan nama domain. Jika Anda sudah punya nama domain, Anda bisa menggunakan salah satu sub domain untuk coba-coba bermain-main dengan osCommerce. Jika belum punya, silakan dapatkan domain gratis dari penyedia layanan tersebut, misalnya .co.cc. Posting saya sebelumnya yang berjudul Cara Registrasi Domain .co.cc membahas tentang cara registrasi domain .co.cc.

Atau jika Anda memutuskan untuk tidak menggunakan domain sama sekali, Anda bisa mengedit file hosts yang caranya saya paparkan dalam posting Mengedit File Hosts untuk Mengakses Website.

Jika paket Trial dan domain dua-duanya sudah siap, pertama kita login ke cPanel dengan username dan password yang diberikan oleh SaudagarWeb. Gambar berikut ini menunjukkan layar login cPanel.

Selanjutnya layar cPanel akan dimunculkan. Bagi yang sudah terbiasa dengan cPanel, tentunya sudah tahu layout dan tampilannya. Namun, bagi yang masih baru, tampilan cPanel mungkin kelihatan cukup kompleks. Scroll down dan cari grup Software / Services. Dalam grup tersebut cari icon Softaculous. Jika sudah ketemu, klik icon tersebut. Gambar berikut ini menunjukkan icon Softaculous dalam cPanel.

Setelah itu layar cPanel akan digantikan dengan layar Softaculous. Di sebelah kiri layar tersebut terdapat daftar software yang jumlahnya cukup banyak. Gunakan fasilitas search yang disediakan oleh browser untuk mencari osCommerce dari sekian banyak software yang terdaftar di situ. Jika sudah ketemu, klik link osCommerce. Gambar berikut menunjukkan lokasi link osCommerce di antara daftar software dalam Softaculous.

Selanjutnya akan muncul layar Softaculous yang menampilkan informasi detil tentang osCommerce. Klik pada tab Install untuk memunculkan form Software Setup. Dalam form tersebut, isi Domain dengan domain utama atau sub domain yang hendak di instal osCommerce. Kosongkan textbox In Directory agar osCommerce tidak membentuk direktori sendiri. Lalu isi textbox lain sesuai dengan keperluannya. Gambar berikut ini menunjukkan form Software Setup osCommerce dalam Softaculous.

Setelah semuanya OK, klik tombol Install. Tak lama kemudian proses instalasi osCommerce segera dimulai. Tunggu saja proses tersebut karena hanya memakan waktu dalam hitungan detik saja. Selama proses tersebut, Softaculous akan meng-copy-kan file, membuat database, dan menyiapkan file setting buat kita.

Setelah selesai, Softaculous akan memunculkan layar pemberitahuan seperti dalam gambar berikut ini.

Kalau kita klik link http://oscommerce.demo.saudagarweb.com, sebuah window (tab) baru akan dibuka yang isinya halaman depan osCommerce. Gambar berikut ini adalah tampilan osCommerce setelah saya klik menu Catalog.

Link satunya lagi adalah area admin. Di area inilah kita bisa mengatur barang dagangan apa saja yang akan ditampilkan, pakai bahasa apa, paka mata uang apa, dan lain sebagainya. Untuk masuk ke area admin kita perlu login dengan username dan password yang kita tentukan pada saat proses instalasi. Berikut ini adalah gambar salah satu layar admin setelah berhasil login.

Well, mudah bukan?! Meng-instal osCommerce di web hosting memang sangat mudah. Hanya dengan beberapa langkah dalam Softaculous (dan cPanel), osCommerce pun sudah siap untuk kita lihat secara online. Selamat mencoba!

About mpzainuddin90049

I am LA mania
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s